JENIS – JENIS EXTENSION FILE DOKUMEN


Ada banyak jenis extension file, salah satu yang sering kita kenal dan gunakan adalah .doc , namun kita tidak pernah tau apa itu .doc? yang kita tau hanyalah hasil dari proses dokumen Microsoft office menjadi .doc, berikut saya akan mencoba menjelaskan pengertian berserta detailnya di ikuti dengan extension file yang lainnya.

1.      .DOC :

File doc terkait dengan Microsoft word, dibuat oleh Microsoft Corporation.  MsWord ini biasa digunakan untuk membuat dan membagikan dokumen dengan menggunakan writing tools yang sudah disediakan. Pada MsWord sendiri terdapat sedikit perbedaan extension  dikarena-kan jenis versi yang berbeda, misalnya pada MsWord 2007 dengan format .docx.

Sehingga extension dengan versi baru tidak dapat dibuka menggunakan versi lama.  File berformat ini juga rentan terhadap infeksi virus, jadi berhati – hati jika membuka File berjenis format .doc . Namun jangan khawatir jika didukung antivirus seperti   smadav, dan pcmav.

2.      .PDF :

File pdf terkait dengan acrobat, dibuat oleh Adope Systems Incorporated. Adobe Acrobat dirancang untuk membuat, melihat, memanipulasi, dan mengatur file yang ada dalam Adobe’s Portable Document Format (PDF).  Dewasa ini makin banyak penggemarnya karena file dokumen hampir dikatakan tidak dapat terinfeksi virus (menjadi standar format dokumen transfer ). Untuk mendapatkan aplikasi pdf ini ada yang bebayar maupun gratis.

3.      .XLS :

File xls terkait dengan Microsoft Excel, dibuat oleh Microsoft Corporation. Biasa digunakan untuk memperhitungkan, mempresentasi data, menganalisa dll. Untuk membuka file format ini dapat menggunakan xlviewer atau open office. File jenis ini juga sangat rentan terinfeksi virus.

4.      .TEXT :

File jenis ini sering kita jumpai, merupakan format mendasar dari teks file. Untuk membuat dan membuka file ini dapat digunakan notepad, wordpad , ataupun text editor lainnya.

5.      .LATEX:

Fitur – fitur yang ada pada latex didesain untuk memproduksi dokumentasi teknis dan ilmiah. Sehingga orang – orang yang mengunakan latex biasanhya berprofesi ilmuan, insinyur , matematikawan , dll. Pada awalnya Latex ditulis oleh Leslie Lamport awal 1980-an.

6.       .PPT :

PPT (Power PoinT), digunakan untuk mempresentasikan laporan. Tekait dengan Microsoft Power Point, dengan menggunakan MsPPT ini presentasi menjadi lebih berkualitas karena didukung dengan sistem multimedia.

7.      .MDB :

Digunakan untuk membuat suatu database dengan menggunakan Ms.Access.

About these ads