Nusantara Online


Nusantara Online merupakan game MMORPG pertama di Indonesia. Game besutan 2 studio bandung (sangkuriang dan telegraph studio) ini mengangkat tema jadul jaman kerajaan. Dikisahkan ada 3 kerjaan, yaitu;  Sriwijaya, Majapahit, dan Pajajaran.

karakternya pun cukup unik;

Dari segi grafik cukup lumayan, efek airnya terkesan real di ikuti dengan efek bayangan yang dinamik, namun untuk audio sudah ok tidak kalah dengan game MMORPG lainya. Map yang luas dengan suasana Nusantara sangat kental sehingga membuat player dimanjakan seakan-akan berada di jaman kerajaan-kerajaan ditambah pergantian siang dan malam secara realtime , ketika malam datang suasana sangat gelap dengan bintang yang indah bertebaran. Untuk membuat game ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit, kata Sigit Widodo selaku pengembang Nusantara Online. sekarang Nusantara Online sudah dapat dimainkan versi beta pada awal maret.

Kemampuan server bagus tidak lag padahal di mainkan serentak , dibuktikan dengan digelarnya uji coba pada Universitas Gunadarma depok dan beberapa tempat di bandung.

preview Nusantara online:

Game Engine yang digunakan menggunakan buatan sendiri asli karya anak bangsa, yaitu Angel (Another Game Engine Library). Engine ini didesain untuk kebutuhan Engine 3 dimensi untuk mengurangi biaya alis murah, selain itu mudah digunakan dan kualitas yang apik tidak jauh beda dengan game Engine luar. Angel dalam Nusantara Online sangat berperan penting, digunakan untuk rendering 3 D. Apa saja yang dapat Angel lakukan? Angel digunakan untuk merender semua objek 3D mulai dari tanah, bangunan, pohon, karakter, air , semak-semak, bayangan, & monster dll . Sehingga dihasilkan suasana yang hidup. selain itu Angel dapat juga menambahkan beberapa aspek lingkuangan agar suasana semakin realistis. misalnya: Real time pagi – malam, awan yang bergerak, taburan bintang , dan cuaca.

contoh hasil render menggunakan Angel:

render 3d

Chat bar, icon jurus, panel – panel juga dibuat menggunakan Angel. Untuk pembuatan karakter sangat lah mudah, mulai dari ukuran tubuh, bentuk wajah, baju, senjata, serba serbi semuanya dirender juga menggunakan Angel. selain itu Angel juga mendukung pergerakan karakter melalui bone animation dan vertex animation. Angel menyediakan layanan visualisasi efek partikel dengan melalui sebuah script file yang dapat dengan mudah dimanipulasi. Efek partikel yang dimaksud misalnya efek asap pada api unggun, efek percikan air pada air terjun, efek bola api untuk jurus, atau efek aura untuk karakter.

lingkungan yang hidup

Suara Surround

Angel mendukung posisi sumber suara 3 dimensi. Hal ini diperlukan untuk menciptakan dunia yang realistis. Bahkan dengan speaker stereo pun suara tetap dapat terdengar seperti berasal dari dunia 3 dimensi.

Scripting

Angel mendukung fungsionalitas scripting menggunakan bahasa Lua. Scripting adalah mekanisme kostumisasi aplikasi menggunakan text file. Hal-hal umum yang dapat memanfaatkan scripting antara lain: menyimpan profil pemain, kostumisasi permainan, atau menyusun skenario animasi.

Managemen Jaringan

Angel menyediakan layanan komunikasi jaringan, baik lokal (LAN) maupun internet untuk mendukung game-game online. Komunikasi jaringan ini dirancang untuk berlaku secara efektif (hemat bandwidth), dapat diandalkan (data yang dikirim dapat dibaca dengan baik), dan aman (disertai kunci pengaman data).

graphical user interface

graphical user interface

Managemen Database

Angel menyediakan fitur untuk mengakses database. Perintah-perintah SQL umum yang digunakan dapat dimanfaatkan langsung untuk mengakses data, menyimpan data, atau memanipulasi data. Database yang didukung saat ini: PostgreSQL dan MySQL.

Multi Platform

Salah satu fitur terbaik Angel adalah dapat dijalankan di 3 platform umum yang ada: Windows family (XP dan Vista), Linux family (Fedora, Ubuntu, dan distro umum lainnya), dan Mac family (X). Pengembang game hanya perlu menegembangkan gamenya sekali di sebuah platform namun hasilnya dapat dimainkan di semua platform lainnya. Saat ini sedang dikembangkan agar Angel dapat juga dijalankan di atas konsol permainan XBOX360.

Dukungan Subengine

Angel didukung beberapa subengine open source . Semua subengine yang ada berlisensi MIT atau LGPL atau sederajat. Beberapa subengine yang digunakan antara lain: DirectX, OpenGL, Ogre, Cegui, OpenAL, Ogg Vorbis, Caelum, PagedGemoetry, OIS, dan Posix.

thx to ; sangkuriang dan telegraph studio

Angel Engine bisa didapatkan secara gratis namun hanya versi Litenya…. ^^