AKSES INTERNET


Jaman sekarang teknologi internet bagaikan jamur! dimana-mana internet! semua serba internet! ngumpulin tugas pake internet! (termasuk article ini ha ha ha … :p).  Saya akan mencoba menjelaskan tentang macam-macam akses internet dengan singkat dan sebisa saya…. ^^, ada beberapa jenis akses internet yang sering kita  gunakan;

Dial-up

Metode akses ini menggunakan kabel telpon standar yang dihubungkan dengan modem. Biasanya menggunakan telkomnetinstant klik disini untuk cara menseting telkomnetinstant. metode ini sendiri kurang diminati sekarang karena lamban! biaya bisa dibilang mahal! (rincian telkomnet) kecepatan maksimal tidak melebihi 56Kbps, huft…!!!.

ISDN (Integrated Services Digital Network)

Metode ini sama-sama menggunakan saluran telepon, tapi bedanya kecepatanya lebih baik dari pada dial-up. untuk single chanel kecepatan mencapai 64Kbps sedangkan untuk dual bisa mencapai 128Kbps.

DSL (Digital Subscriber Line)

DSL merupakan tekonologi transmisi digital melalui kabel telepon dengan menggunakan freukensi yang lebih tinggi. kebanyakan masyarakat mengetahui DSL sebagai ADSL ( Asymmetric Digital subscriber Line). Alasan kenapa disebut “Asymmetric” karena kecepatan upstream nya lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan pada saat downstream. keuntungannya menggunakan metode ini adalah murah, instalasi mudah dan mampu mencapai kecepatan 1.5 Mbps – 8Mbps. Keunggulan menggunakan modem ADSL adalah line codingnya, yaitu menggunakan DMT (Discrete Multitone) yang berfungsi mengalokasikan bandwith untuk transmisi data sehingga lebih maksimal.