CIM (Corporate Information Management)


Apa itu CIM? saya pun tidak tahu, ho ho … Berikut adalah hasil penjelajahan goib saya dengan mbah google, CIM adalah model informasi umum yang berfungsi menjelaskan / mendeskripsikan suatu sifat dari management yang tidak terikat dengan implementasi tertentu.

Dalam perusahaan, CIM berperan dalam pembuatan ide, perencanaan informasi, menghilangkan informasi yang berlebihan, memastikan kepatuhan terhadap undang-undang, dan menaikan laba penjualan,dll.

Berikut adalah penjelasan singkatnya mengenai peranannya;

1. Pembuatan Ide

Di dalam sebuah perusahaan ide adalah akar dari semua kegiatan, oleh karena itu sangat pentinglah ini untuk memajukan perusahaan. Mulai dari memberikan informasi baru dengan tindakan yang cepat.

2. Perencanaan Informasi.

Berawal dari ide maka direncanakanlah ketetapan informasi yang telah dicapai guna mendapatkan hasil yang diinginkan, misal sebuah perusahaan mendapatkan ide untuk membuat suatu inovasi baru, untuk itu dibutuhkan sebuah perencanaan informasi yang matang agar perusahaan tersebut mengetahui langkah kedepannya.

3.  Menghilangkan informasi yang berlebihan.

Bagian ini merupakan bagian dari peran yang kedua, suatu informasi yang berlebihan malah membuat perencanaan perusahaan terhambat, oleh karena itu CIM berfungsi memfilter informasi tersebut. Dengan demikian setiap informasi yang masuk kedalam perusahaan adalah yang benar-benar dibutuhkan, sehingga tidak memakan biaya tambahan yang berlebih.

4. Memastikan kepatuhan pada undang-undang.

Undang-Undang berkedudukan untuk memperkuat posisi suatu perusahaan. baik dari sisi pemegang saham, atau client perusahaan tersebut, dll.

5.  Meningkatkan laba

Pengembalian investasi menunjukkan peningkatan jumlah pendapatan yang dihasilkan, penurunan biaya teknologi informasi dan pengurangan risiko bisnis. CIM memastikan bahwa setiap potensi sumber daya teknologi informasi adalah sepenuhnya dieksploitasi oleh bisnis.