EBC (E-Commerce And E-Business)


E-Commerce dan E-Business

Dewasa ini kata – kata E-Commerce dan E-Business acap kali sering kita dengar, namun tahukah anda jika keduanya adalah berbeda?   perbedaannya adalah E-Commerce merupakan bagian dari E-Business. Nah apa itu E-Commerce dan apa itu E-Business?

E-Commerce adalah Elektronik Dagang,  penjualan – pembelian – penyebaran – pemasaran dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. dalam proses ini E-Commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

E-Business adalah proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

Jadi kesimpulannya E-Commerce merupakan penerapan dari E-Business,yang sangat berkaitan dengan transaksi komersial,  seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Contoh dari E-Commerce, misalnya Bhineka, tokobagus, dll. Dalam masing-masing web E-Commerce tersebut memiliki management sendiri yang mempunyai peranan sendiri-sendiri. Mulai dari mengatur pemasaran, pemrosesan data, transaksi uang, dan menerima lowongan kerja. Itu semua kita sebut E-Business.

Sejarah dari E-Commerce (versi wikipedia)

Istilah “perdagangan elektronik” telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.