SUBNETTING CLASS-B


Sebenarnya pengalamatan IP terdiri dari 5 kelas yang berbeda, yaitu kelas A, B, C, D, dan E. Dalam bahasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang subnetting kelas B, pertama untuk melihat jenis kelas IP kita dapet melihat dari oktet pertama. Misalnya ip address 172.31.1.2, memiliki oktet pertama 172. Karena 172 terletak diantara 128 sampai 191, maka IP address tersebut berada pada kelas B.

Nah apa itu Subnet addressing ? dalam network ip dapat dibagi lagi menjadi network yang lebih kecil, nah ini lah yang disebut dengan sub-networks atau subnet. Subnet ini berfungsi memudahkan administrator  dalam flesibilitas, efesiensi alamat network, dan pembatasan broadcast. contohnya 172.16.0.0 ( kelas B ) ini dapat dibagi lagi menjadi subnetwork 172.16.1.0 / 172.16.2.0/ 172.16.10.0 dan seterusnya.

Subnet Mask

Subnet mask dibentuk dari pinjaman bit dari bagian host dan digunakan untuk bagian subnet. untuk format subnet ini sama dengan peformatan IP address. Subnet mask memiliki binary 1 dalam seluruh bit yang mempresentasikan bagian subnetwork. lihat penampakannya pada gambar dibawah :

Penentuan nomor network dari subnet mask

Pada saat router nomor penentuan “Nomor Network ” pertama yang akan dibaca adalah IP address tujuan, kemudian melakukan operasi AND untuk mendapatkan nomor Network. Operasi ini mengakibatkan  bagian Nomor Host dibuang, setelah itu router melihat nomor network dan routing table yang dimiliki, untuk kemudian diteruskan pada interface yang bersangkutan.

berikut gambar kasarnya :