KOMPUTASI MODERN


Cerita singkat mengenai Komputasi modern :p

Komputasi Modern merupakan perkembangan dari Komputasi Kuno. Umur komputasi sendiri hampir sama dengan umur dari manusia. Pada jaman dulu manusia belum mengenal arti kata “komputasi”, walaupun mereka sebenarnya sudah melakukannya. Arti dari komputasi itu sendiri terkait erat dengan hitung-menghitung, dan pemecahan masalah dengan menggunakan suatu algoritma. Dulu komputasi digunakan dengan menggunakan otak manusia yang sangat terbatas dalam proses pengolahan namun sekarang komputasi lebih mudah dilakukan dan cepat dengan menggunakan sebuah komputer.

Cikal bakal dari komputasi modern ini adalah gagas dari ahli matematika asal amerika John Von Neumann. Beliau menggunakan komputer untuk melalukan sebuah komputasi. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya.Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. Konsep dasar arsitektur komputer modern sendiri ialah konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory.

Banyak sekali manfaat dari Komputasi modern, mulai dari bidang sains, geologi , kimia , fisika , dll. contoh teknologi yang menggunakan komputasi yang lagi tren adalah bb (blackberr*). Begitulah sekilas dari komputasi modern, yang sekarang menjadi dasar dari segala teknologi…..