KUIS SOFTSKILL


Komputasi Modern

  1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?
  2. Jelaskan komputasi modern dan contoh komputasi tersebut !

Paralel Processing

  1. Apa yang kamu ketahui tentang pararel processing ?
  2. Jelaskan hubungan antara komputasi dengan pararel processing ?

Bio-informatika

  1. Apa yang kamu ketahui tentang bioinformatika?
  2. Sebutkan contoh implementasi bio-informatika ?

Jawab:

Komputasi Modern

  1. Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
  2. Komputasi Modern merupakan perkembangan dari Komputasi Kuno. Umur komputasi sendiri hampir sama dengan umur dari manusia. Pada jaman dulu manusia belum mengenal arti kata “komputasi”, walaupun mereka sebenarnya sudah melakukannya. Arti dari komputasi itu sendiri terkait erat dengan hitung-menghitung, dan pemecahan masalah dengan menggunakan suatu algoritma. Dulu komputasi digunakan dengan menggunakan otak manusia yang sangat terbatas dalam proses pengolahan namun sekarang komputasi lebih mudah dilakukan dan cepat dengan menggunakan sebuah komputer.Banyak sekali manfaat dari Komputasi modern, mulai dari bidang sains, geologi , kimia , fisika , dll. contoh teknologi yang menggunakan komputasi yang lagi tren adalah bb (blackberr*). Begitulah sekilas dari komputasi modern, yang sekarang menjadi dasar dari segala teknologi…..

Pararel Procesing

  1. Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan (komputasi paralel), baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Bila komputer yang digunakan secara bersamaan tersebut dilakukan oleh komputer-komputer terpisah yang terhubung dalam suatu jaringan komputer lebih sering istilah yang digunakan adalah sistem terdistribusi (distributed computing).
  2. Paralel prosessing komputasi adalah suatu proses atau pekerjaan komputasi yang berada di dalam komputer dengan mengunakan bahasa pemrograman yang dioprasikan atau di runing secara paralel pada saat bersamaan dan komputasi paralel ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal karena pemakaian komputasi parallel dapat digunakan untuk menangani pengolahan data yang besar dan banyak.

Bioinformatika

  1. Bioinformatika, sesuai dengan asal katanya yaitu “bio” dan “informatika”, adalah gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Pada umumnya, Bioinformatika didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu ini merupakan ilmu baru yang yang merangkup berbagai disiplin ilmu termasuk ilmu komputer, matematika dan fisika, biologi, dan ilmu kedokteran, dimana kesemuanya saling menunjang dan saling bermanfaat satu sama lainnya.
  2. Dunia kedokteran, saat ini telah banyak bekerjasama dengan Dunia IT. Hal tersebut dibuktikan dengan lahirnya suatu konsep teknologi yang disebut “Bioinformatika”. Secara eksplisit, Bioinformatika merupakan penggabungan antara disiplin ilmu biologi molekul dan teknologi. Namun secara implisit, ilmu biologi molekul ini sangat menunjang perkembangan dunia kedokteran. Misalnya dengan penggambaran DNA dan Gen yang dilakukan para pakar ilmu biologi molekul, yang dapat membantu para dokter dalam mengobati pasien. Oleh sebab itu Bioinformatika sangat erat kaitannya dengan dunia kedokteran.